Waspada Angin Kencang, BPBD Kota Batu Beri Imbauan Dini

Ilustrasi Angin Kencang (Ulum/MVoice)

MALANGVOICE – Angin kencang malanda wilayah Kota Batu dan sekitarnya sejak dua hari ini. Merespon itu BPBD Kota Batu mengeluarkan imbauan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

BPBD beri empat poin imbauan. Terlebih, meningkatkan kewaspadaan potensi ancaman pohon tumbang di wilayahnya masing-masing. Lalu bagi pengguna jalan agar mewaspadai ranting atau dahan yang berpotensi patah. Waspada tidak melakukan kegiatan pembakaran di kawasan hutan, dan tidak melakukan pembakaran sampah secara sembarangan.

“Serta tidak parkir kendaraan di sekitar pohon yang rawan tumbang,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Batu Achmad Choirur Rochiim, Senin (10/9).

Rochiim menambahkan, potensi kerawanan pohon ada di beberapa titik. Seperti di Jalan Diponegoro, Jalan Gajahmada, Jalan Pattimura. Sebab, banyak pohon mati dan kering.

Selain itu juga jalan-jalan protokol lainnya, seperti Jalan Ir Soekarno, Jalan Panglima Sudirman, dan Jalan Trunojoyo. Guna memastikan titik kerawanan lainnya, BPBD Kota Batu juga melakukan survei pohon yang memiliki intensitas rawan bencana.

“Kami juga lakukan survei lagi. Mana saja dahan-dahan yang rawan akan ditebang agar tIdak menimbulkan bencana bagi masyarakat dan pengendara,” sambung Rochiim.

Apabila masyarakat mengetahui ancaman atau potensi bahaya dan mengetahui kejadian darurat. Diimbau agar bisa segera melaporkan itu ke Posko Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu di Jalan Raya Punten, Desa Punten.

“Bisa hubungi nomor Posko PB di 0341 510 6734 atau Call Centre/SMS/WA : 081 217 104 099 / 081 130 590 99,” tutupnya. (Der/Ulm)