Singgamata Ajak Warga Kikis Potensi Gangguan Kamtibmas

Kapolres Malang Kota, AKBP Singgamata. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Kapolres Malang Kota, AKBP Singgamata, mengajak warga Kota Malang mengikis potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Pesan itu disampaikan Singgamata kepada Ketua RW se-Kota Malang, pada acara bertajuk ‘Sinergitas Pengembangan Kemitraan Rukun Warga dengan Pemerintah Kota Malang’ di Hotel Savana, malam ini.

Singgamata menganalogikan gangguan kamtibmas seperti fenomena gunung es. Menurutnya, pada lapisan teratas gunung es adalah konflik sosial dan gangguan kamtibmas yang terjadi.

Namun, yang paling perlu diantisipasi adalah lapisan tengah dan lapisan terdalam gunung es. “Kalau mengacu pada gunung es, yang lebih besar ada di bawah permukaan. Teori ini untuk mengingatkan kita,” kata Singgamata.

Dijelaskan, lapisan bawah permukaan adalah potensi gangguan kamtibnas. Singgamata menegaskan, tokoh masyarakat harus lebih banyak bermain di potensi gangguan.

“Contoh lingkungan yang gelap, sikap acuh lingkungan, acuh terhadap situasi yang tidak lazim. Ini potensi sehari-hari yang ada di tengah kita,” tambah mantan Kapolres Lumajang itu.

Ia memberi contoh, gangguan kamtibmas paling mencemaskan adalah potensi curanmor. “Potensinya curanmor bisa terjadi ketika parkir motor di tempat yang tidak diawasi dan tidak menggunakan kunci ganda. Ini harus dikikis agar tidak mengembang,” tandasnya.-