756 Catam Ikuti Sidang Pantukir dari Aspers Kasal

Aspers Kasal Laksamana Muda TNI Karma S, bersama Catam di Mako Lanal Malang. (deny)
Article top ad

MALANGVOICE – Sebanyak 756 Catam Gelombang I TA 2017, sejak Jumat (17/3) pagi mengikuti sidang penentuan terakhir (pantukir) di Mako Lanal Malang.

Seluruh Catam disidang langsung Aspers Kasal Laksamana Muda TNI Karma S, ditemani jajaran. Mereka ditentukan apakah lolos sebagai Tamtama.

“Tim sudah seleksi dari seluruh Indonesia pada gelombang pertama ini. Kami seleksi mulai kesehatan jiwa, jasmani, akademik dan lain hal,” ujarnya.

Dari 756 Catam, nanti akan dipilih lagi menjadi 522 orang yang akan diumumkan pada Sabtu (18/3) besok.

Selain itu, Karma menegaskan proses seleksi Catam tahun ini dipastikan bebas aksi percaloan. TNI AL terus berbenah dan memberantas hal itu agar tidak ada yang dirugikan.

“Sudah pasti kami profesional tidak ada calo. Kami punya standar sendiri,” lanjutnya.

Apabila ada yang terbukti, ia memastikan akan ada sanksi tegas. Bukan hanya dari calo saja, melainkan para calon prajurit. “Calonnya jelas tidak kami terima, itu sudah pasti. Terus kami selidiki kepada siapa dia membayar, baru ada tindakan lain. Ya mudah-mudahan tidak ada lagi,” tutupnya.

Seperti diketahui, para Catam ini sudah mengikuti rangkaian seleksi di Mako Lanal Malang sejak 6 Maret lalu. Sebelumnya mereka diseleksi di tiap daerah dan baru di bawa ke Malang.