Pemkot Malang Siap Dukung Kebijakan Baru di Bawah Arahan Presiden Prabowo

MALANGVOICE – Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan menegaskan kesiapan Pemkot Malang untuk mendukung dan mengimplementasikan kebijakan baru yang akan diluncurkan Presiden Prabowo Subianto.

Ia juga mengucap selamat atas dilantiknya Prabowo Subianto menjadi Presiden RI dan Gibran Rakabuming sebagai Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober kemarin.

“Kami Pemerintah Kota Malang mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang telah dilantik kemarin. Dan tak lupa kami juga sampaikan terima kasih kepada Presiden ketujuh Bapak Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin atas kepemimpinan luar biasanya,” ucap Pj Iwan melalui Bagian Prokompim Setda Kota Malang.

Aspal di Jalan Muharto Ambles, DPUPRPKP Segera Lakukan Perbaikan

Pj Wali Kota Iwan menyebut ada pelantikan untuk 48 kementerian dan 5 lembaga. Menurutnya akan ada sejumlah perubahan yang akan mengikuti. Sehingga ia menegaskan pentingnya pemerintah daerah mempersiapkan diri menghadapi perubahan tersebut.

“Presiden dan Wakil Presiden baru telah dilantik, kabinet baru juga telah ditetapkan. Tentu di tataran pusat akan ada kebijakan penganggaran dan perencanaan baru yang perlu diperhatikan. Maka kami dari Pemkot Malang siap untuk menyesuaikan kebijakan nasional serta RPJMN yang akan datang. Tentunya kami akan menyiapkan langkah strategis untuk mengikuti dan mendukung arahan yang bersifat top-down dari pusat,” beber Pj Iwan.

Selanjutnya, Pj Iwan menyebut telah menginstruksikan jajaran Pemerintah Kota Malang untuk bersiap menghadapi perubahan kepemimpinan dan kebijakan dari pusat.

“Saya telah instruksikan agar jajaran Pemerintah Kota Malang bersiap menyesuaikan kondisi kepemimpinan baru maupun kebijakan baru dari pusat. Isu-isu yang sifatnya top down, bottom up, maupun isu strategis yang kita prioritaskan untuk selalu diperhatikan dan diselaraskan. Agar nantinya bisa menjadi pedoman perencanaan dan pelaksanaan kegiatan kita pada 2025,” pungkas Pj Iwan.

Menkop dan UKM Apresiasi MCC Kembangkan Ekonomi Kreatif: Bisa Dicontoh di Daerah Lain

Iwan juga menjelaskan hal ini sejalan dengan arahan Mendagri Tito Karnavian yang pernah disampaikan kepada jajaran Penjabat Kepala Daerah.

“Ini seperti arahan yang pernah disampaikan Mendagri Tito Karnavian; agar Pj-Pj kepala daerah harus bisa menangkap pesan dari pemerintah pusat, untuk kemudian diakomodir dan disesuaikan daerah masing-masing,” urai Iwan.

Menindaklanjuti instruksi Pj Wali Kota Malang, Iwan, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, S.T, M.T, bergerak cepat, ia bersama jajaran akan mencermati perubahan RPJMN, sehingga penyusunan RPJMD maupun APBD Kota Malang tahun 2025 dapat sejalan dengan arah kebijakan nasional.

“Seperti yang disampaikan Pj Walikota, dengan adanya RPJMN Presiden dan Wakil Presiden baru pastinya ada penganggaran dan perencanaan yang sifatnya top down. Maka kami akan menyikapi dan menyesuaikan kebijakan nasional ini. Artinya dalam rancangan teknokratik RPJMD, didalam APBD 2025 yang saat ini berproses, itu akan segera kami cermati. Sehingga bisa menjadi bahan penyempurnaan penyusunan APBD Kota Malang tahun 2025,” bebernya.(der)

spot_img

Berita Terkini

Arikel Terkait