10 Nama Berebut Kursi Komisioner KPU Kota Batu

Ketua KPU Kota Batu, Saifudin Zuhri saat ditemui di kantor KPU Kota Batu, Selasa (11/6). (Foto: Ayun/MVoice).

MALANGVOICE – Habisnya masa jabatan lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batu berakhir pada 12 Juni mendatang. Sepuluh nama muncul dan berjuang menduduki kursi komisioner KPU Kota Batu periode 2019-2024.

Diketahui, beberapa nama tersebut di antaranya adalah Erfanudin, Mardiono, dan Heru Joko Purwanto. Kemudian Abdulloh, Heri Sutanto, Mokhamad Khoirul Anwar, Mochamad Rizal Fakhrudfin, Marlina, Sri Happy Nisaur Rahmadani, dan Tomi Rusydiantoro.

“Sepuluh besar nama-nama inilah yang lolos dalam uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU Kota Batu,” ujar Ketua KPU Kota Batu, Saifudin Zuhri.

BNN Kota Malang

Ia menjelaskan serangkaian pendaftaran sudah dilakukan sejak bulan April hingga Mei. Bermula dari dua puluh besar ini mengerucut jadi sepuluh besar untuk KPU Batu.

Namun, untuk ketujuh orang terkahir yang disebutkan merupakan orang-orang yang sudah berkecimpung di KPU Batu. Misalnya menjadi Panitia Pengawasan Kecamatan.

“Lalu ada juga Relawan Demokrasi, serta staf KPU Kota Batu,” sambungnya.

Dari lima orang yang menjadi komisioner itu, ada dua yang tidak lagi mengajukan. Mereka adalah Saifudin Zuhri yang merupakan Ketua KPU Batu dan Ashar Chilmi.

Alasan Saifudin tidak mendaftarkan kembali lantaran akan fokus berwiraswasta. Sedangkan Ashar Chilmi sudah dua periode menjabat sebagai komisioner KPU Batu.

“Ya, karena ingin fokus dan santai berwiraswasta. Tidak, kapok justru di KPU banyak ilmu yang didapat,” tandasnya. (Der/Ulm)