XL Tingkatkan Jaringan Data di Tahun Baru

0
11
Call center XL (istimewa)

MALANGVOICE – Pada libur panjang akhir tahun diprediksi terjadi kenaikan trafik layanan telekomunikasi, khususnya layanan data, dibanding hari-hari normal. PT XL Axiata Tbk (XL) menyiapkan jaringan, mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik.

Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, Jaringan XL dipastikan siap setiap saat apabila terjadi lonjakan kapan pun, terlebih jika menghadapi hari-hari besar dan liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru.

“Kami tetap memastikan aspek di network benar-benar siap. Prediksi kami, seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk menelpon dan berkirim pesan, trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS,” kata dia, dalam rilis yang diterima MVoice.

Menjelang Tahun Baru, XL memperkiraan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan Data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20%, voice 5%, dan SMS 10%.

Persiapan yang dilakukan XL, antara lain berupa penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu, seperti kota besar, Surabaya dan Malang.

Jaringan XL juga telah didukung dengan teknologi MSC pool dan SGSN in pool secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, seluruh jaringan akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu, karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.