Wujudkan Malang Kreatif lewat Decofresh Warnai Jodipan

0
57
Wujudkan Malang Kreatif lewat Decofresh Warnai Jodipan
Wujudkan Malang Kreatif lewat Decofresh Warnai Jodipan

Oleh: Salis Fitria

MALANGVOICE-Jodipanes, sebutan warga Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, begitusemarak menyambut pembukaan Decofresh Warnai Jodipan, yang dilaksanakan di lapangan RT 07 RW 02 Kelurahan Jodipan, hasil kerja sama dengan Indana Paint sebagai Client Praktikan Guys Pro Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan ini ditopang Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang bergerak di bidang paint factory and industrial coating, demi menciptakan program berkelanjutan bagi masyarakat Jodipan, sehingga dampak yang diberikan terus bermanfaat.

Menurut Ketua Pelaksana, Nabila Fisdausyiah, program yang dijalankan ini berawal dari tugas mata kuliah Public Relations II untuk melaksanakan even. Pembuatan proposal kreatif bersama tim yang menamakan dirinya sebagai Guys Pro dipaparkan di depan client dan membuahkan hasil.

Akhirnya timbul ketertarikan untuk merealisasikan program bersama Kelurahan Jodipan , khususnya RT 06, 07, dan 09 RW 02. “Kami akan mengecat semua genteng dan dinding rumah warga berwarna-warni, sehingga terlihat indah, rapi, nyaman, dan berwarna dari atas jembatan Sungai Brantas,” paparnya.

Nabila juga menambahkan, fakta di lapangan menunjukkan, banyak warga kerap melempar sampah ke bantaranSungai Brantas. Jika terus dibiarkan jelas berdampak membahayakan bagi kondisi sungai. Wilayah padat penduduk itu diharapkan menjadi gambaran Kota Malang sebagai Malang Creative Fusion.

Karena itu, sejumlah Dinas dari Pemerintahan Kota Malang turut hadir untuk mengetahui Jodipan saat ini dan kondisi setelah proses peremian dilaksanakan. Turut hadir pula Komunitas Mural Turu Kene yang akan melukis pintu masuk pada ketiga RT itu, demi mepercantik Jodipan.

Sementara S Parin, Ketua RW, memaparkan, hadirnya program ini menjadi berkah bagi wilayahnya. Bagaimana tidak, berulang kali ia menyadarkan diri bahwa Jodipan RT 06, 07, dan 09 akan berubah menjadi kelurahan yang lebih menarik. “Setelah Saya lihat rancangan design Guys Pro, Jodipan kedepannya akan menarik dan menjadi perhatian banyak kalangan,” paparnya.

Sebagai pendukung even yang diprediksi selesai akhir Juli itu, Indana Paint mengeluarkan biaya total Rp 100 juta lebih. “Angka itu tidak bermakna dibanding perubahan sikap dan perilaku masyarakat yang makin peduli lingkungan,” pesan Steven Antonius Sugiarto, Vice President Indana Paint.

*) Humas dan Sie acara Guys Pro, mahasiswa Praktikan Public Relations Ilmu Komunikasi UMM