Wow, UB Rintis Mobil Listrik Cerdas

0
229
Tim pembuatan kendaraan listrik
Tim pembuatan kendaraan listrik (istimewa)

MALANGVOICE – Universitas Brawijaya (UB) berinisiatif menghasilkan inovasi kendaraan ramah lingkungan menggunakan energi alternatif. Saat ini UB sedang merintis riset untuk membuat kendaraan listrik cerdas.

Riset itu digawangi dosen Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UB (JTE FT-UB), Ir Wijono MT Phd, Waru Djuriatno ST MT, dan Eka Maulana ST MEng.

Menurut rencana, mereka bertiga akan mengembangkan kendaraan listrik cerdas ramah berbasis teknologi Smart Electric Vehicle (SEV).

Eka Maulana menjelaskan, dengan dana penelitian BOPTN (Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri) mereka bertiga sedang memproses tahapan awal, yaitu merancang pengendali SEV dari segi hardware dan software.

Dikatakan, penelitian memang masih jalan 40 persen. Namun, 3 tahun mendatang ditargetkan sudah rampung. Penelitian memakan waktu karena mereka akan mengembangkan teknologi yang terpasang dalam mobil antara lain sistem navigasi cerdas dan pengendalian roda independen, regenerative breaking, dan sistem charging internal dan eksternal.

Mereka optimis TEUB SEV, demikian dinamakan, akan menjadi prototype mobil listrik masa depan yang nyaman, hemat energi, aman, dan super cepat.