Wow! Lab Ikom UMM Dipenuhi iMac

0
258
iMac di lab (anja)

MALANGVOICE – Laboratorium Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (Ikom UMM) melakukan upgrade perangkat untui meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja dengan mendatangkan 32 iMac untuk laboratorium komputer grafis dan editing.

Kepala Lab Ilmu Komunikasi UMM, Jamroji, mengatakan, lab komunikasi sengaja dikondisikan agar terlihat seperti miniatur dunia kerja baik dari segi atmosper dan peralatannya.

“Kita sering melihat keluhan dari alumni ketika mereka kerja di Jakarta. Seperti ada gap antara kuliah dan dunia kerja. Selain itu, selama ini tidak ada perbedaan signifikan antara kuliah biasa dan pratikum karena alatnya yang tidak tepat, ” katanya kepada MVoice.

Setelah pengajuan ke pihak kampus UMM, akhirnya dana untuk pengadaan alat berupa 30 unit iMac di lab komputer grafis dan 2 unit iMac untuk ruang editing video disetujui.

Menurutnya, lab komputer grafis dengan iMac lengkap ini adalah yang pertama kali di Kota Malang. Desain interior dan tatanan di dalamnya juga disesuaikan senyaman mungkin mirip dengan suasana kerja.

Lebih lanjut, lab ini akan segera difungsikan setelah pembenahan jaringan selesai.

“Nantinya lab ini bisa digunakan untuk praktek jurnalistik online, desain grafis, apapun yang terkait desain visual, ” tambahnya.

Ia menambahkan, sistem keamanan lab ikom yang berada di Dome UMM ini akan diperketat. Seperti pengadaan kamera CCTV dan scan barcode untuk mencegah kehilangan alat.

” Karena semua perangkat iMac sifatnya wireless ya, jadi harus ada pengamanan agar mouse atau keyboardnya tidak ‘jatuh’ ke dalam tas oknum tidak bertanggung jawab, ” tutupnya.