Terobos Kawasan Kaldera, Rombongan Trail Diamankan Petugas

0
66
Pengendara Motor Trail Ditangkap

MALANGVOICE – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNTBTS), siang tadi menangkap rombongan trail 30 orang yang masuk kawasan Kaldera tanpa izin.

Kepala BB TNBTS, Ayu Dewi Utari, mengatakan, penangkapan dilakukan karena kawasan itu ditutup sementara, menyusul Gunung Bromo dalam status siaga.

“Terhadap mereka kami lakukan pembinaan dan kami suruh menandatangani pernyataan agar tidak mengulang kelakuannya,” kata Ayu Dewi, beberapa menit lalu.

Sementara itu hasil laporan Pusat Vulkanologi, Meteorologi, Biometri dan Geofisika (PVMB) pantauan visual asap kelabu masih tinggi yakni berkisar 200 meter sampai 300 meter.

“Terdengar suara gemuruh dari dalam kawah,” tandasnya.

Hingga saat ini BB TNBTS masih menutup kegiatan wisata di kaldera masing-masing Laut Pasir, Savana dan Kawah. Wisatawan hanya diperbolehkan ke Gunung Penanjakan, Bukit Cinta, Bukit Setia serta Coban Trisula.

“Pendakian semeru tetap dibuka dan sampai hari ini terpantau wistawan Bromo dan Semeru 100 orang dan kami bekerjasama dengan TNI Polri untuk pengamanan,” pungkasnya