Sumber Sira, Wisata Murah Meriah di Tengah Persawahan

0
185
Sumber Sira, Putukrejo, Gondanglegi (Tika)

MALANGVOICE- Ingin piknik menyenangkan tapi kantong cekak? Tenang, Kabupaten Malang menyediakan berbagai macam pilihan wisata alam dengan harga terjangkau.

Salah satunya adalah Sumber Sira. Lokasi wisata alam ini terletak di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Wisata Sumber Sira menawarkan pemandangan kolam air yang jernih dengan daya tarik tanaman air yang bergerombol di dasar kolam, menyerupai terumbu karang.

Sumber Sira ini cukup dangkal, kedalaman maksimal hanya sebatas leher orang dewasa.

Semakin menyenangkan karena dikelilingi oleh persawahan dan rimbunan tanaman.

Pengunjung dapat bersantai dengan telentang menggunakan ban dan mengikuti arus tenang dari sumber.

Anda hanya perlu memberikan donasi Rp 2 ribu sekali masuk, itupun juga digunakan untuk parkir motor.

Menuju lokasi ini bisa dijangkau dengan aneka jenis kendaraan, baik roda dua ataupun roda empat, sebab jalan beraspalnya cukup lebar.

Ada dua alternatif jalan yang bisa ditempuh oleh pengunjung untuk mencapai venue ini. Pertama melewati Gondanglegi jika ingin perjalanan dengan melewati jalan raya. Kelemahannya, waktu dan jarak tempuh menjadi lebih panjang.

Kedua, bisa melewati jalan pintas dengan lewat kawasan Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Kemudian menuju ke Ketapang dan mengikuti jalan beraspal. Jika melewati track ini, Anda disuguhi dengan pemandangan persawahan, perkebunan tebu, sayur dan sungai bertebing yang memanjakan mata.

Kelemahannya, jalan yang dilalui tidak semua mulus, sebagian makadam. Terutama akses masuk menuju Sumber Sira, jalannya didominasi batu besar dan berlubang.

Namun terobati dengan kesegaran air sumber yang tenang dan jernih. Jangan khawatir kelaparan sebab di sana sudah tersedia warung-warung penjual makanan.