Sensus Ekonomi Dibuka, Punjul: Pengusaha Jangan Khawatirkan Pajak

0
42
Petugas sensus saat usai diapelkan untuk melaksanakan tugas
Petugas sensus saat usai diapelkan untuk melaksanakan tugas (fathul)

MALANGVOICE – Sensus Ekonomi bakal dimulai. Sebanyak 420 petugas sensus telah dilepas oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, di Halaman Block Office untuk bertugas mulai tanggal 1 sampai 31 Mei 2016.

Punjul berharap dalam sensus ini masyarakat dapat memberikan informasi yang sebenar-benarnya. Jangan sampai ada keraguan karena data sensus tidak akan digunakan untuk menambah pajak seperti yang ditakutkan pengusaha.

“Justru kalau datanya valid, data-datanya bisa digunakan Pemkot ke depannya untuk menerjemahkan kebijakan ekonomi. Karena perkembangan perekonomian di Kota Batu pasti pesat,” ungkap Punjul kepada wartawan usai melepaskan

Sensus sendiri dilakukan setiap 10 tahun sekali, terakhir tahun 2006 lalu Kota Batu punya 23.601 jenis usaha. Mulai mikro, kecil, hingga menengah. Saat ini, petugas sensus yang datang langsung ke setiap rumah itu akan mendata jenis usaha, apapun itu.

“Dalam rangka MEA (masyarakat ekonomi Asean, red) juga UMKM dihadapkan dengan pemasaran tingkat Asia. Kita akan lihat mana yang bisa kembangkan dan dijadikan unggulan untuk menghidupkan perekonomian warga Batu,” imbuh Punjul.

Dalam kegiatan ini, petugas sensus bakal menjamin kerahasiaan data yang didapat dari responden. Sehingga beberapa data yang diambil oleh petugas harusnya real. Seperti bentuk usaha, jumlah karyawan, omset, hingga keuntungan.