Sekar Mawar, dari Perempuan untuk Kemaslahatan Perempuan

0
106
Anggota Sekar Mawar (anja)

MALANGVOICE – Dari banyak komunitas dan organisasi perempuan di Kota Malang, salah satu yang patut diacungi jempol adalah Komunitas Perempuan Sekar Malang, karena kepeduliannya terhadap masyarakat, terlebih kaummnya.

Ketua Sekar Mawar, Tri Umiyati SH, mengatakan, komunitas yang dipimpinnya itu embrionya adalah kader perempuan dari parpol-parpol koalisi Merah Putih.

Anggota Sekar Mawar (anja)
Anggota Sekar Mawar (anja)

“Awalnya kami diminta mengajak ibu-ibu untuk mengenal calon presiden dengan mengadakan perkumpulan. Setelah pemilihan selesai, sayang rasanya kalau kegiatannya tidak kami lanjutkan. Nah, kalau saat ini anggotanya bukan dari orang partai saja, tapi semua kalangan,” katanya kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Didirikan pada 20 Desember 2014, Sekar Mawar fokus pada bidang sosial, ekonomi dan seni budaya. Beberapa kali Sekar Mawar mengadakan kegiatan, baik indoor maupun outdoor yang tujuannya mencerdaskan ibu-ibu dan merangkul masyarakat.

Salah satunya adalah menggelar seminar kesehatan, diskusi tentang peran wanita terhadap lingkungan masyarakat, bakti sosial, outbond, tali kasih dengan pemulung dan sebagainya.

“Kami ingin menyentuh langsung apa yang perlu kita sentuh, sekaligus mengenalkan politik kepada ibu-ibu. Jadi kalau mereka ingin maju mencalonkan, mereka juga siap,” katanya optimis.

Ke depan, Sekar Mawar akan mendirikan sekolah khusus untuk kaum perempuan.

“Akan ada sebuah pelajaran yang tidak ada di tempat lain. Kondisi di keluarga akan dibicarakan sama-sama. Ada psikologi, juga sospol. Kami telah berkomunikasi dengan perguruan tinggi terkait pendidikan dan ketrampilan,” tutupnya.