Ridwan: Lewat Ekonomi Kreatif Indonesia Bertahan dari Krisis Ekonomi

0
3
Pimpinan Komisi X DPR RI, Ridwan Hisjam
Pimpinan Komisi X DPR RI, Ridwan Hisjam

MALANGVOICE – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ridwan Hisjam, mengatakan, pembangunan ekonomi kreatif melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), mampu menjadi kekuatan perekonomian Indonesia. Bahkan, melalui sektor itu, Indonesia bisa bertahan jika ada krisis ekonomi.

“Jika kita menggerakkan UMKM, maka kekuatan ekonomi Indonesia akan tetap eksis, karena itu bagian dari amanat Presiden Joko Widodo,” kata Ridwan Hisjam, usai menghadiri pembukaan Indonesia Creatife Cities Conference (ICCC), di Hotel Harris.

Ia menjelaskan, melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang merupakan mitra kerja Komisi X DPR RI, nantinya para pengusaha yang bergerak di sektor ini akan mendapat pengarahan dan bimbingan.

Bentuknya bisa berbagai macam, mulai dari penyuluhan, pendampingan, jaminan permodalan hingga pemasaran produk mereka. “Khusus permodalan bukan berarti Bekraf memberi dana, tapi mereka membantu untuk menjaminkan kepada bank, dan lembaga keuangan lainnya,” tuturnya.

Khusus Kota Malang, politisi Partai Golkar berupaya mendorong agar potensi-potensi kreatif yang ada bisa berkembang dengan baik sehingga dimasukkan menjadi sala satu kota prioritas.

“Malang ini luar biasa, ada kuliner, wisata, teknologi, apalagi disupport 50 kampus, ini modal dan Pemkot Malang harus memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif ini,” pungkasnya.