Prajurit Korem 083/Bdj Laksanakan Garjas UKP

0
20
Garjas UKP prajurit Korem 083. (istimewa)
Garjas UKP prajurit Korem 083. (istimewa)

MALANGVOICE – Komandan Korem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Wachid Apriliyanto, mengambil apel pelaksanaan Kesegaran Jasmani (Garjas), dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1 April 2017, pagi tadi. Garjas itu diikuti oleh 315 prajurit dari Korem 083/Baladhika Jaya beserta jajaran di lapangan Rampal dan dilaksanakan selama empat hari, dimulai tanggal 8-11 Agustus 2016.

Garjas untuk UKP merupakan barometer yang diprogramkan TNI dengan maksud dan tujuan untuk menjaga kesiapsiagaan, kemampuan dan ketangkasan bagi Para Prajurit TNI untuk selalu siap setiap saat apabila dibutuhkan untuk kepentingan satuan.

Selain itu Garjas UKP juga merupakan bentuk kesejahteraan yang diberikan oleh satuan kepada para prajurit, yakni berupa kesehatan dan merupakan salah satu syarat pokok yang harus dipenuhi untuk kenaikan pangkat bagi prajurit.

TNI juga telah meluangkan waktu khusus untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya guna menjaga kesehatan para prajurit. Waktu khusus tersebut di antaranya program lari aerobik yang dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis, serta ditambah dengan Kesamaptaan periodik 2 (dua) kali dalam satu tahun anggaran.

Kebutuhan itu akhirnya menjadi alasan mendasar bagi TNI untuk menjadikan program rutin yang bersifat bertahap, berlanjut dan berkesinambungan guna mendukung pelaksanaan tugas TNI di masa datang dan untuk tetap terjaganya kesiapan personel. Diharapkan program ini tidak hanya dilaksanakan rutinitas tanpa membawa manfaat. Namun demikian lebih dimaknai sebagai kebutuhan pokok bagi kita semua.