Penjualan Mobil Suzuki Menyusut 23 Persen di 2015

0
96
Ertiga menjadi andalan Suzuki merebut pasar otomotif. (fia)

MALANGVOICE – Penjualan mobil Suzuki Malang sepanjang 2015 mengalami penurunan sekitar 23 persen dari tahun lalu. Hal itu dikemukakan Direktur Perdana Motor Malang, Yudi Irawan Wijaya.

“Penurunannya sama dengan penurunan pasar otomotif secara keseluruhan karena memang kondisi ekonomi global yang lesu,” jelas Yudi.

Selain ekonomi global yang melemah, penyerapan anggaran pemerintah juga tak maksimal di 2015. Kondisi ini membuat pasar menjadi stagnan dan berdampak pada mandegnya penjualan mobil.

Pria ramah ini menjelaskan, sepanjang 2015, Suzuki wilayah Jawa Timur membukukan penjualan sebanyak 13.500 unit. Malang berkontribusi antara 10 hingga 15 persen.

“Penjualan masih ditopang MPV Ertiga, pick up dan Karimun Wagon R,” jelas Yudi.

Ertiga, lanjut Yudi, berkontribusi untuk penjualan Suzuki di Perdana motor sebesar kurang lebih 50 persen. Sementara pick up dan Karimun Wagon R masing-masing 20 persen.

Sedangkan 10 persen sisanya adalah all varian seperti Swift, Splash, dan masih banyak lagi.

“MPV masih sangat besar pangsa pasarnya. Kondisi ini didukung oleh tradisi masyarakat yang senang berpergian dengan keluarga besar, sehingga kecenderungan memilih mobil tujuh seat,” jelas dia.