Mulai Besok, 7 Sekolah Ini Sinkronasi Simulasi UNBK

0
26
Budiono
Budiono (anja)

MALANGVOICE – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP sederajat, Dinas Pendidikan Kota Malang menghimbau agar sekolah-sekolah pelaksana segera menyiapkan server untuk keperluan sinkronisasi naskah soal simulasi UNBK.

Kasi Kurikulum Dindik, Budiono, mengatakan ada 7 lembaga/sekolah peserta yang mengikuti UNBN. Sekolah-sekolah itu adalah SMPN 1, SMPN 3, SMPN 5 Malang, MTsN 1 Malang, Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) Charis, Bina Bangsa dan Weasley.

“Para proktor dari sekolah-sekolah ini akan dibina oleh proktor senior SMA/SMK yang April lalu sudah melaksanakan UNBK,” kata Budiono saat ditemui MVoice di kantornya beberapa menit lalu.

Ia juga menambahkan, proktor sebaiknya mulai sekarang rajin mengupdate informasi dari website UNBK karena ditakutkan akan ada perubahan naskah-naskah soal.

“Takutnya seperti UNBK April kemarin sempat ada perubahan naskah soal dari kementrian di Minggu ke-4 karena ada indikasi kebocoran soal. Inilah pentingnya sinkronisasi,” tambahnya.

Soal ketersediaan server, Budiono mengatakan 1 server akan mampu menopang 40 client (komputer) minimal yang berprocessor Core i3.

Terpisah, kepala sekolah MTsN 1 Malang, Samsudin, mengatakan sekolahnya sudah menyiapkan 101 komputer untuk UNBK.

“Komputer sudah ada, kita akan mulai sinkronisasi mulai besok. Proktor sekolah kami dibantu oleh proktor senior dari MAN 3 Malang,” katanya, saat dihubungi MVoice, beberapa menit lalu.