MIN 1 Malang Siap Terima Siswa Baru

0
26
siswa MIN 1 Malang (anja)

MALANGVOICE- Sekolah tingkat dasar mulai menyiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dibuka serentak, April mendatang.

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Malang misalnya, sudah mangajukan proposal kepada Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah kota Malang.

“Kalau di Madrasah itu sebelum PPDB harus melalui beberapa tahap, salah satunya membuat proposal terlebih dahulu kepada Kemenag Kota Malang,” kata Imam Ahmadi MPdi, Wakasek Kesiswaan MIN 1 Malang, kepada MVoice, di kantornya, siang tadi.

Iman menjelaskan, setelah disetujui Kemenag, baru mempersiapkan tahapan selanjutnya, yakni pengumpulan formulir pendaftaran hingga pemetaan siswa yang akan masuk.

Di MIN 1, PPDB akan dibuka pada 3 April 2016. Peserta bisa mengambil formulir gratis mulai pukul 07.00 – 12.00.

Kemudian pada 3-5 April, pengembalian formulir dan juga kelengkapan administrasi. Kegiatan pemetaan dilaksanakan pada tanggal 11-14 April.

Tahun ini MIN 1 hanya menerima 256 siswa. Dengan pembagian 8 kelas yang masing – masing kelas berisi 32 siswa.

“Karena kami membatasi jumlah siswa yang masuk. Daya tampungnya hanya segitu, makanya ada pemetaan,” terangnya.

Materi pemetaan siswa meliputi permainan, yang akan memperlihatkan kemandirian calon siswa dan kesiapan dalam menerima perintah.

“Kami buat dengan konsep permainan, agar anak-anak tidak merasa di tes. Karena ini sekolah agama, pastinya kita lihat kesiapannya dalam menerima materi agama,” katanya.