Mbois, Ilmu Astronomi Juga Ikut Membentuk Karakter Siswa

0
37
Mbois, Ilmu Astronomi Juga Ikut Membentuk Karakter Siswa
Mbois, Ilmu Astronomi Juga Ikut Membentuk Karakter Siswa

MALANGVOICE – Bukan sekadar meneropong bintang atau mempelajari ilmu langit, menurut Presiden NASE (Network for Astronony Education) Spanyol, Prof Rosa M Ros, astronomi juga membantu membentuk nilai dan sikap baik para siswa.

“Salah satunya kerendahan hati dan kebijaksanaan. Karena kita harus menghilangkan konsep lama dan menerima hasil pengamatan baru. Pluto, dalam temuan baru digolongkan dalam planet minor dalah contoh baik dan kita bisa dapat memperkenalkan pengetahuan kepada siswa dengan pendekatan berbeda,” paparnya kepada MVoice.

Astronomi, lanjutnya, juga mengajarkan siswa untuk konsisten, teliti, dan mendorong untuk terus berpikir. Pengamatan dan model harus dicermati dengan baik, diperbaiki melalui analisis yang kuat. Pemikiran dan penalaran rasional sangat penting.

Lebih lanjut, siswa akan menikmati apa yang dia kerjakan karena dari awal siswa sudah tertarik pada sains dan astronomi.

“Kita ingin memberikan perasaan yang positif tentang sains dan astronomi. Sesuatu yang berkaitan dengan emosi bisa melekat lebih lama di dalam ingatan. Kita ingin siswa mengalami kontak khusus dengan sains sehingga mereka ingat bahwa sains juga bagus dan menarik,” tutupnya.