Mbois, 18 Mahasiswa Amerika Belajar Budaya di SMPK 1 YPK Malang

0
131
Mahasiswa menyaksikan dalang
Mahasiswa menyaksikan dalang

MALANGVOICE – Pagi ini, 18 mahasiswa asing asal Mesiah College, Pensylvania, Amerika Serikat berkunjung ke SMPK 1 YPK. Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa program Teaching English for Foreign Language atau program mengajar di kampus mereka.

Kepala sekolah SMPK 1 YPK, Grace Imelada, mengatakan, kedatangan mereka merupakan bagian dari program English Day, program tahunan sekolah untuk memperkenalkan budaya asing kepada siswa. Sekaligus menjalin keakraban dengan mahasiswa Amerika Serikat.

“Ini sudah tahun keempat kami menggelar English Day. Awal tahun lalu kita cuma menyambut biasa saja. Kali ini kita harus menjual budaya Indonesia ke mereka,” katanya beberapa menit lalu.

Tahun ke tahun, SMPK 1 YPK selalu membawa inovasi baru mengenalkan lebih banyak budaya. Sebagai contoh, hari ini mereka akan belajar angklung, membatik ikat dan tulis, belajar wayang, dan juga menari.

Mahasiswa asing tersebut disambut dengan tarian topeng Malang dan tarian Papua. Kemudian mereka juga diminta menari bersama.

“Harapannya, siswa semakin meningkat nasionalismenya dan mencintai budaya,” katanya.

Selain Amerika, ternyata mahasiswa asing dari Australia, Eropa juga pernah datang ke SMPK 1 YPK untuk praktek mengajar di sekolah