Lalu Lintas Kota Batu Berubah Saat Weekend, Warga Diminta Segera Adaptasi

0
108
Suasana pengalihan arus lalu lintas di Kota Batu (fathul)

MALANGVOICE – Sebagai daerah wisata, Kota Batu menjadi jujugan paling mengasyikkan bagi para wisatawan saat weekend. Imbas dari peningkatan aktivitas wisata adalah kepadatan lalu lintas yang mengakibatkan kemacetan.

Tidak mau kemacetan mengganggu aktivitas warga, Kepolisian Resort Batu memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan. Pengalihan ini sudah diagendakan untuk dilakukan setiap hari Minggu.

“Sudah kami mulai untuk pengalihan arus lalu lintas tiap hari Minggu. Harapannya agar warga bisa tetap melakukan aktivitasnya karena biasanya kendaraan dari luar melonjak drastis,” papar Kasat Lantas, AKP Inggit Prassetiyanto.

Inggit berharap, warga bisa cepat hafal bila tiap Minggu diberlakukan pengalihan arus. Karena banyak titik akan dialihkan sebagaimana ketika libur panjang Natal dan Tahun Baru beberapa waktu yang lalu.

Beberapa ruas jalan yang menjadi agenda pengalihan ini, dimulai dari Jalan Dewi Sartika. Bila dari arah Kota Malang, warga tidak bisa lagi mengarah ke Jalan Pattimura, tapi harus belok kiri menuju Jalan Dewi Sartika yang diberlakukan satu arah.

Ujung Jalan Dewi Sartika, akan ada dua cabang, kiri ke arah Oro-oro Ombo, BNS, dan Jatim Park 2. Sedangkan ke kanan menuju Jalan Sultan Agung, Jatim Park 1, Agrowisata, dan Museum Angkut.

Sementara Jalan Imam Bonjol yang biasanya dua arah, juga diberlakukan satu arah saja dari Jalan Agus Salim dan dari Jalan Sultan Agung menuju Kota Malang melalui Jalan Pattimura dan Jalan Ir Sukarno.

“Setiap pertigaan dan titik-titik yang menjadi pusat pengalihan arus akan kami beri tanda arah panah sehingga masyarakat tidak bingung. Jadi mohon diperhatikan,” tandas Inggit.