Lagi, Longsor Rusak Rumah Warga Tulungrejo Batu

0
100
Pemilik rumah dibantu warga saat membersihkan bekas longsor. (fathul)

MALANGVOICE – Kota Batu masih dihantui bencana alam. Pagi ini, longsor kembali terjadi menimpa satu rumah milik Miskun (60) warga RT 01 RW 06 Dusun Gerdu, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Untungnya tidak seluruh bagian rumah Miskun yang ambruk ke Kali Brantas yang melintasi Desa Tulungrejo itu. Hanya garasi mobil saja yang ambruk hingga sebagian bangunan yang meluncur bebas ke kali.

Kondisi longsor yang menimpa rumah warga di Dusun Gerdu Tulungrejo (fathul)
Kondisi longsor yang menimpa rumah warga di Dusun Gerdu Tulungrejo (fathul)
“Tadi saya di rumah tidur, kemudian terdengar suara gemuruh. Saya kira apa. Jadi saya bangun dan mendapati garasi rumah sudah ambruk,” kata Miskun kepada MVoice saat membersihkan sisa-sisa longsor.

Di dalam garasi ada mobil Kijang miliknya. Untung mobil itu tidak ikut meluncur ke kali. Hanya terkena runtuhan bangunan sehingga lecet-lecet. Sementara barang-barang lainnya tidak ada karena barang-barang penting ada di bangunan utama.

“Setelah ini ya dibersihkan mas, lalu dipondasi lagi. Kerugian mungkin Rp 15 atau Rp 20 juta, tapi nggak tahu juga pastinya berapa,” tambah Miskun.

Sebelum kejadian longsor ini, Miskun mengaku tidak mendapat tanda apa-apa. Bahkan retak juga tidak ada sehingga ia kaget saat longsor. Rumahnya sendiri memang berada tepat di pinggir Kali Brantas, sehingga kemungkinan kondisinya tergerus.