Kerstbrood, Roti Natal Khas Belanda Laris Manis di Und Corner Hotel Tugu

0
217
Kerstbrood (istimewa)

MALANGVOICE – Kalau Indonesia punya ketupat saat Lebaran, di negara Belanda terdapat tradisi menu Natal berupa roti kerstbrood. Santapan berbentuk roti bundar dengan taburan gula manis ini biasanya disajikan saat keluarga Belanda berkumpul bersukacita merayakan Natal di rumah.
Roti Natal Belanda ini kemudian diadopsi Hotel Tugu Malang dan dijadikan menu yang hanya dikeluarkan saat perayaan Natal.

Kerstbrood adalah roti yang dibuat melalui beberapa proses. Di dalamnya terdapat campuran buah kering dan berbagai jenis kacang yang sebelumnya direndam dengan rum selama kurang lebih semalaman agar rum bisa meresap ke dalam buah kering dan kacang-kacangan. Selanjutnya, rum yang dipakai untuk merendam dipakai untuk membuat adonan roti.

“Ada kacang mente sampai kulit jeruk lemon. Semua direndam semalaman sebelum diisikan ke dalam roti,” jelas Executive Assistant Hotel Tugu Malang, Crescentia Harividyati.

Und Corner menyediakan roti Natal ini sejak sekitar awal Desember. Peminatnya cukup banyak karena memang di Malang hanya Und Corner Hotel Tugu yang menyediakan roti tersebut. Per loyang Kerstbrood dijual dengan harga Rp 150 ribu untuk diameter 20cm dan Rp 240 ribu untuk diameter 30cm.

Und Corner di Hotel Tugu Malang menyediakan cake dan roti dari lima negara. (Shuvia Rahma)
Und Corner di Hotel Tugu Malang menyediakan cake dan roti dari lima negara. (Shuvia Rahma)

“Harus dilakukan pemesanan terlebih dahulu karena memang pembuatannya memakan waktu lama. Minimal satu hari sebelumnya,” kata dia.

Cres menambahkan, untuk saat ini pemesan Kerstbrood cukup banyak, mencapai 30 buah. Rata-rata konsumen memesan di awal Desember untuk dikirim di minggu terakhir jelang Natal. Selain untuk dikonsumsi sendiri, roti yang memiliki bentuk seperti donat ini juga dipesan untuk hantaran.

“Banyak perbankan yang pesan untuk dikirim ke kolega. Harga yang tercantum sudah termasuk kotak kemasan cantik dan pengiriman dalam kota,” imbuhnya.

Und Corner sendiri merilis berbagai cake Natal dari berbagai negara di tahun ini. Sebelumnya, toko roti yang dikelola Hotel Tugu tersebut hanya menjual sajian khas Natal dari Belanda saja, yaitu Kerstbrood.

“Ada lima cake Natal khas dari berbagai negara. Namun karena kerstbrood produk lama, maka dia yang sampai saat ini paling laris,” katanya.