Kenalan Sama Komunitas Kandang Mooong Yuuukkk…

0
21
Mengecat Tong, Salah Satu Aktifitas Kandang Mooong

MALANGVOICE – Komunitas Kandang Mooong merupakan wadah gerakan sosial yang diisi sejumlah orang, mulai pecinta alam, seniman lukis, seniman tari, pegawai swasta, pegiat musik serta aktivis HAM dan lingkungan hidup yang memiliki kepedulian sama terhadap kelestarian lingkungan, pendidikan dan seni budaya lokal, serta meningkatkan perekonomian lokal.

Komunitas itu berdiri pada 11 Maret 2016 lalu, dimana semua anggota terjaring melalui seleksi alam, hingga akhirnya mereka menjadi seperti keluarga yang tinggal di sebuah rumah sederhana bernama Kandang Mooong.

Istilah Kandang Mooong sendiri diambil karena area ini dulunya merupakan kandang sapi, dan kata mooong sendiri berarti “monggo” atau dalam bahasa Indonesia berarti “silahkan”.

Program nyata komunitas ini adalah menindaklanjuti berbagai isu-isu sosial, budaya dan pendidikan sehingga terbentuklah program kampung sinau yang mempunyai program reguler setiap Minggu dengan kegiatan melakukan pengajaran berbagai ilmu keterampilan, serta menanamkan pentingnya menjaga kelestarian alam yang sementara ini didanai secara mandiri.

Kandang Mooong dengan luas satu hektare ini dilengkapi landscape kebun dan hutan itu disulap laiknya miniatur desa dengan gaya hidup yang sederhana namun tetap sehat.

Di lokasi itu tersedia sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan meeting, diklat, gathering maupun event musik serta terdapat rumah singgah untuk para backpacker. Uniknya, kawasan ini masih berada di dalam wilayah Kota Malang, tepatnya Jalan Untung Sudiro RT 04, RW 04, Kelurahan Cemorokandang.

Sore ini, komunitas itu akan menggelar acara bertema “Bersama Senja di Kandang” yang diisi beberapa artis lokal, seperti Kidnep Flanella, di samping mengenalkan komunitas ini kepada khalayak.