Jelang Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Tingkatkan Kapasitas Jaringan

0
80
Petugas sedang menyeting BTS Telkomsel. Operator seluler itu menaikkan kapasitas jaringan demi menghadapi kenaikan traffic jelang Natal dan Tahun Baru. (Istimewa)

MALANGVOICE – Peningkatan traffic komunikasi, baik data maupun voice, membuat Telkomsel harus melakukan antisipasi, demi menjaga kelancaran jaringan. Operator yang identik dengan warna merah itu meningkatkan kapasitas Internet service menjadi 370,2 GBPS atau naik sekitar 60 persn dari tahun 2014.

Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 239 juta pelanggan (naik 11,7 persen dari tahun 2014). Kapasitas HLR (Home Location Register) sebesar 303,6 juta pelangan.

Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 162 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

“Sebanyak 100 ribu BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan dimana pun mereka berada,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adransyah dalam rilis resmi yang diterima MVoice.

Ririek melanjutkan, momen Natal dan tahun baru kali ini juga semakin spesial dengen telah tergelarnya jaringan Telkomsel 4G LTE di Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado, Batam, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Pekanbaru dan Banjarmasin. Didukung oleh sekitar 3.000 BTS 4G yang mencakup lokasi-lokasi strategis di tiap kota, pelanggan dapat menikmati layanan mobile broadband terbaik dari Telkomsel.

Telkomsel juga telah melakukan identifikasi terhadap 665 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di masa liburan Natal dan tahun baru.

“Kita menyebutnya dengan kawasan PREMIUM yang merupakan singkatan dari Public Service, Religious Event, Entertainment Event, Malls and Shopping Center, Indoor Events, Uniqueness and Massive Crowd. Di kawasan tersebut, kita melakukan pemantauan ekstra untuk memastikan jaringan tetap prima ketika masuk masa puncak traffic komunikasi,” urainya.

Selain itu, Telkomsel juga mengerahkan 93 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan selama Natal dan tahun baru tetap prima. Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 392 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.658 outlet siaga, serta didukung 73 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur.