Jatim Target Juara O2SN dan FLS2N Ke-8 Tingkat Nasional

0
380
Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman dan Wawali Kota Batu, Punjul Santoso, saat memukul alat musik memulai pembukaan (fathul)
Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman dan Wawali Kota Batu, Punjul Santoso, saat memukul alat musik memulai pembukaan (fathul)

MALANGVOICE – Prestasi Provinsi Jawa Timur dalam Olimpiade Seni Siswa Nasional (OS2N) serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat nasional ternyata luar biasa.

Dari 8 penyelenggaraan, Kontingen Jawa Timur pernah mendapatkan juara umum 6 kali berturut-turut. Karena itu, Dinas Pendidikan Jatim yang bertanggung jawab atas perlombaan itu, berencana mempertahankannya.

“Sayangnya, tahun 2014 Juara Umum dipinjam oleh Jawa Barat. Namanya dipinjam kan harus dikembalikan. Makanya tahun 2015 kemarin kita rebut kembali. Berarti kita sudah 7 kali juara, karena itu yang ke 8 tahun ini harus kita raih,” papar Kahid Pendidikan Menengah Pertama dan Pendidikan Menengah Atas Dindik Jatim, Bambang Sudarto.

Saat ini, sebanyak 2992 siswa SMP dan SMA yang mengikuti OS2N dan FLS2N di Kota Batu. Rinciannya untuk O2SN ada 1.409 siswa tingkat SMP dan 546 siswa SMA. Sedangkan untuk FLS2N ada 823 siswa tingkat SMP dan 47 siswa tingkat SMA.

“Kita latih sportifitas dan mengembangkan bakat dalam bidang olahraga, seni, budaya, dan sastra di sini sehingga bisa berkompetisi di tingkat global,” tambah Bambang.

Beberapa cabang seni dan olahraga yang dilombakan kali ini, adalah atletik, renang, catur, bulu tangkis, dan tenis meja. Kemudian bidang seninya seperti baca puiso, cipta puiso, cipta cerpen, juga film pendek.