Jalan-jalan Sembari Berbagi…

0
61

Oleh: Masfajar Budaya

MALANGVOICE – Jalan-jalan saja sudah biasa, tapi sembari berbagi dengan warga, itu baru luar biasa! Siapa yang tak ingin jalan-jalan ke pelosok Nusantra? Saya yakin semua pasti sepakat dengan saya, jawabannya “Mau”!

Tapi kalau hanya jalan-jalan saja itu hal yang biasa. Kali ini kita jalan-jalan sambil mengajar anak-anak di pedalaman, sekaligus berbagi dengan mereka. Jelas itu akan menjadi pengalaman yang berbeda.

Di pedalaman dan perbatasan Nusantara, pendidikan merupakan kebutuhan mahal. Walau ada gedung sekolah, tetapi tenaga pengajar di sana sangat terbatas, ditambah kualitas pembelajarannya sangat jauh berbeda dibanding dengan kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan sebagainya.

Kemarin saya berkesempatan mengunjungi Pulau Sangiang di Kabupaten Banten, Jawa Barat. Ada beberapa materi yang kami berikan kepada anak-anak di pulau itu, di antaranya tentang agama Islam, kesenian, kebersihan dan olahraga.

Jalan-Budaya3

Mereka semua sangat antusias, terlebih saat beberapa sahabat mengeluarkan sebuah camera action dari tasnya dan mengajak mereka foto bersama, mungkin ini sesuatu kegiatan yang sangat jarang mereka jumpai.

Selain itu kami juga memberikan beberapa tas belajar, buku pelajaran dan bacaan untuk anak-anak. Kami semua berharap apa yang telah kami berikan ini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak di sana.

Pelajaran yang kami dapat dari perjalanan ini terangkum dalam satu kata, syukur! Karena kita tidak akan menyangka apa yang telah kita dapat saat ini merupakan impian dari mereka semua, bisa jadi mereka semua iri dengan kita, atas segala keterbatasan mereka.

*)Pemerhati masalah sosial