Jaga Standar Mutu, Guru se Kota Batu Ujian Kompetensi

0
44
Guru-guru saat melihat daftar nama lokasi tes UKG di Kantor Dindik (fathul)

MALANGVOICE – Bukan hanya siswa yang harus ujian, kini ribuan guru se Kota Batu juga bakal di tes kemampuannya dalam rangka Uji Kompetensi Guru (UKG) pada 9 hingga 25 Novomber mendatang.

UKG merupakan program nasional untuk menaikkan standarisasi guru. Program ini dilakukan secara berkala oleh masing-masing kabupaten/kota. Saat ini ada 2.298 guru di Kota Batu sudah terdaftar, mulai tingkat Taman Kanak-Kanak sampai SMA.

“Guru juga diukur kemampuannya seperti apa, baik dalam penguasaan mata pelajaran, maupun keguru-annya,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Hj Mistin, kepada MVoice.

UKG akan dilaksanakan secara online. Ribuan peserta itu dibagi dalam beberapa lokasi tes. Karena itulah, beberapa hari terakhir ratusan guru kerap muncul di Kantor Dindik, melihat jadwal keikutsertaan di UKG.

“Kalau ada yang tidak lulus, selanjutnya dilakukan intensifikasi pembelajaran pada materi yang gagal. Pokoknya lulus UKG berarti sudah kualitas,” tandasnya.

Siti Zubaidah, salah satu guru yang ditemui MVoice, mengaku deg-degan dengan adanya UKG. Meski tes dilakukan pada materi yang dikuasai, namun tetap saja guru SDN 2 Torongrejo ini grogi.

“Tapi tidak ada kesiapan khusus, mau persiapan bagaimana lagi. Jadi ya dijalani aja, lagian saya jadi guru sudah lama,” ujar Zubaidah, tanpa menyebut angka pasti lamanya dia mengajar.