Ini Cara Mengetahui Keaslian Pita Cukai

0
108
Uji keaslian pita cukai tembakau (deny)

MALANGVOICE – Pengetahuan mengenai pita cukai tembakau memang perlu. Sebab itu, edukasi mengenai keaslian pita cukai terus dilakukan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai (KPPBC – TMC) Malang.

Pada pertemuan dengan insan pers se-Malang Raya bertajuk ‘Menjalin Silaturahmi Membangun Sinergi’, petugas KPPB-TMC memberi contoh pita cukai yang asli di 2016 ini.

Pita cukai itu, menurut Kepala KPPB-TMC, Rudy Herry Kurniawan, setiap tahun selalu berganti desain dan fitur. Semua produksi pita cukai dibuat dengan teknologi canggih, agar tidak gampang dipalsukan.

“Sekarang ada warna merah, biru, dan kuning, disertai serat timbul yang tak mudah dicontoh,” katanya.

Selain itu, ada hologram yang memperkuat keamanan pita cukai yang bisa dilihat menggunakan sinar UV. “Serat dalam kertas dan hologram semakin memperkuat keamanan,” jelasnya.

Bila tidak menggunakan ‘keamanan’ berlapis itu, kata Rudy, tentu akan mudah diduplikasi, dan akhirnya menyebabkan kerugian bagi negara.

Sementara Ketua PWI Malang, Sugeng Irawan, menyambut baik silaturahmi dan edukasi itu.

Menurutnya, hubungan harmonis dengan wartawan memang harus diperkuat. Sehingga, dalam peliputan tidak ada yang salah. “Ini baik sekali untuk mengetahui apa itu Bea Cukai. Jadi tidak hanya dikenal saat ada penindakan bila ada pelanggaran saja,” ungkapnya.