Hwik! Ada Robot Di Kantor Perindo

0
28
Anak-anak merakit robot (Anja)

MALANGVOICE – Anak-anak didampingi orang tua terlihat asyik mengutak atik robot mini di kantor Perindo Kota Malang hari ini. Ruangan yang cukup luas itu disulap menjadi arena praktik robot. Alas berwarna putih dengan motif garis hitam berkelok-kelok dibentangkan memenuhi ruangan.

Nelly dan Komunitas OR foto bersama (Anja)
Nelly dan Komunitas OR foto bersama (Anja)

Mereka adalah anak-anak anggota komunitas Omah Robot (OR) sedang berlatih sebagai persiapan mengikuti lomba Robot yang diadakan Universitas Negeri Malang tanggal 28 September mendatang.

Pembina Komunitas OR, Juli Tresno Pardamean ST mengatakan, enam anak perwakilan OR itu juga merupakan putera puteri dari kader Perindo Kota Malang. Juli senang komunitasnya mendapat kesempatan menggunakan salah satu ruangan kantor yang cukup luas untuk berlatih memantapkan performa robot.

Mereka terlihat serius dan fokus mengamati robot mereka (Anja)
Mereka terlihat serius dan fokus mengamati robot mereka (Anja)

“Di kantor Perindo memang ada lokasi yang bisa dipergunakan masyarakat umum. Kebetulan memang ada pembinaan dari Perindo sebagai bentuk kepedulian terhadap putra putri berprestasi,” kata Juli, saat dihubungi MVoice beberapa menit lalu.

Ia menambahkan, komunitas robot sangat terbantu dengan disediakan ruangan dari Perindo. Apalagi robot berbasis sensor itu memerlukan ruangan luas untuk uji coba.

“Robot ini membaca garis hitam melalui sensornya. Jadi supaya bisa menang, syaratnya harus bisa bergerak cepat mengikuti pola garis tanpa error,” kata Yuli menambahkan.

Yuli berharap timnya bisa memenangkan lomba robot di UM. Beberapa waktu lalu, perwakilan OR memenangkan lomba robot tingkat Nasional di Bandung.

“Oktober mendatang Insya Allah juga mewakili lomba di Singapura,” kata Yuli.

Sementara Ketua Perindo Kota Malang, Fitria Liza Min Nelly mengatakan, sudah menjadi tugas Perindo untuk bisa mewadahi semua elemen masyarakat. Tidak menutup kemungkinan Perindo akan mewadahi masyarakat berprestasi lainnya.

“Ini janji saya. Kantor Perindo untuk rumah rakyat apapun elemennya,” tandasnya kepada MVoice.