Henricus Pidyarto Dilantik Jadi Uskup Baru Malang

0
78
Suasana pentahbisan Uskup di Stadion Gajayana. (deny)

MALANGVOICE – Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan O Carm, pagi ini dilantik menjadi Uskup baru Gereja Katolik Malang. Misa Pentahbisan itu dilakukan di Stadion Gajayana, Kota Malang.

Henricus Pidyarto, menggantikan Uskup sebelumnya, Mgr. Herman Yoseph Pandoyo Putro O Carm, karena sudah lanjut usia. Pelantikan itu dipimpin Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo, didampingi Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono dan Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC

Dalam acara itu dihadiri belasan ribu jemaah Katolik dan 30 Uskup dari seluruh Indonesia. Bahkan Duta Besar Vatikan Mgr. Antonio Guido Filipazi, turut hadir dalam pentahbisan itu.

Di lain pihak, sebanyak seribu anggota pasukan keamanan mulai TNI-Polri terus menjaga di dalam maupun di luar kawasan stadion sejak pagi tadi. Seluruh jemaah pun diperiksa lengkap agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jalur menuju Stadion Gajayana pun dialihkan sementara, seperti Jalan Semeru dan Tangkuban Perahu. Rencananya, kegiatan akbar itu akan berakhir pukul 13.00 WIB.