Havian 30, Duet Natural Piano Elektrik dan Keyboard di MCP Music Festival

0
74
Haivan 30

MALANGVOICE – Korg memperkenalkan koleksi terbarunya di MCP Music Festival. Pabrikan keyboard itu memperkenalkan piano digital bernama Havian 30. Tak seperti piano digital lain, Havian 30 merupakan kombinasi sempurna antara piano dengan 88 tuts namun dilengkapi musik pengiring layaknya keyboard.

Brand Ambassador Korg Indonesia, Viva Permadi, menjelaskan, Havian 30 memiliki tuts ala piano yang berat. Hanya saja, jika piano elektrik hanya berisi suara tunggal, maka Havian 30 dilengkapi musik pengiring yang biasanya dibenamkan pada keyboard Professional Aranger (PA) 300.

Ada 700 musik pengiring berbagai aliran yang dibenamkan pada piano elektrik seharga Rp 20 jutaan ini mulai dari jazz, pop, blues, rock, tradisional, hingga dangdut.

“Pangsa pasarnya umum. Home bisa, pemain piano yang bermain di hotel-hotel juga cocok memakai Havian 30,” kata pria yang akrab disapa Wiwie ini.

Ia menambahkan, Havian 30 rilis internasional sekitar tiga hingga empat bulan lalu. MCP Music Festival adalah pameran perdana Havian 30 di Malang.

Bapak tiga anak ini menuturkan, berbagai fitur tambahan disertakan pada piano elektrik bermemori RAM 96MB ini. Salah satu fiturnya adalah slot USB yang memungkinkan musisi menambahkan musik pengiring.

“Bisa juga dipakai untuk karaoke yang dilengkapi lyric. Selain dilengkapi speaker built in, Havian 30 juga dilengkapi layar yang bisa menampilkan lirik lagu,” kata Wiwie.

Sebagai alat musik yang menyasar level menengah, Havian 30 menawarkan kualitas suara yang natural. Hal ini dikarenakan sokongan memori sebesar 98MB.

Wiwie mengatakan, memori berfungsi untuk penyimpanan suara dimana semakin besar memori, biasanya suara yang dihasilkan juga makin natural.

“Harga normalnya Rp 20 jutaan, namun sepanjang pelaksanaan MCP Music Festival, Havian 30 bisa didapatkan dengan harga Rp 15 jutaan” pungkas dia.