Hadapi MEA, SMAN 3 Batu Terapkan Bilingual

0
31
Mistin (fathul)

MALANGVOICE – Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Batu yang segera menerima siswa baru, dipersiapkan menjadi sekolah unggul dari segi bahasa.

Kepala Dinas Pendidikan, Hj Mistin, mengungkapkan, ada tiga bahasa yang dipersiapkan untuk dijadikan unggulan di sana, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Mandarin.

“Saat ini SK Pendirian-nya masih disusun, tapi sudah mendapat persetujuan untuk membuka pendaftaran siswa tahun ini. Ruang kelas sementara diletakkan di bekas gedung kita (Dindik, red),” ungkap Mistin kepada MVoice.

Menurut Mistin, kemampuan berbahasa harus ditingkatkan mulai lingkungan pendidikan menengah. Karena sekolah harus dipersiapkan untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sedang banyak diperbincangkan.

“Untuk meningkatkan kompetensi ini, kami akan kerja sama dengan berbagai lembaga. Sedangkan guru-gurunya juga sedang kami persiapkan, karena ada beberapa guru yang bersedia dipindah ke sana,” sambungnya.

Untuk kepala sekolah, imbuh Mistin, juga sedang dipersiapkan tes khusus. Dalam periode awal, SMAN 3 akan membutuhkan 1 Kepala Sekolah, 4 Wakil Kepsek, dan seluruh guru mata pelajaran.