Golongan Darah AB Paling Susah Dicari

0
99
Salah satu anggota Dharma Wanita saat donor darah (fathul)

MALANGVOICE – Golongan darah AB paling susah dicari dan stok selalu habis. Hal itu diakui oleh PMI Kota Batu.

Staf Pelayanan PMI Kota Batu, Sri Indar Wati, saat ditemui MVoice di acara donor darah di Pemkot Batu, mengatakan, pihaknya terus menggalakkan acara donor supaya stok tidak kosong.

“PMI Kota Batu belum punya unit transfusi darah sendiri sehingga stoknya ikut di Kabupaten Malang. Cukup untuk sekarang, ada sekitar 300 an kantong,” kata Sri.

Guna memenuhi stok itulah, PMI dan relawan PMI selalu mengagendakan donor darah di berbagai instansi, organisasi sosial, juga ke sekolah dan pendidikan tinggi.

“Saat ini kita kerja sama dengan Dharma Wanita Batu. Karena mereka ada kegiatan, kami masuk barangkali ada anggotanya yang 3 bulan ini belum donor,” imbuh Sri.

Biasanya paling tidak 60 kantong akan terkumpul. Seluruhnya akan dibawa ke PMI Kabupaten Malang untuk disimpan. Saat warga Kota Batu membutuhkan darah, akan diambilkan.

Salah satu peserta donor, Lusianah, mengaku baru tiga kali ikut dinor karena selalu ditolak. “Saya ada riwayat kurang darah, makanya baru tiga kali padahal pengennya rutin,” jelasnya.-