Final! Beginilah Revisi K13 tahun 2016

0
260
Budiono (anja)
Budiono (anja)

MALANGVOICE – Tak banyak perubahan dalam revisi Kurikulum 2013 (K13). Revisi itu dianggap sudah final dan seluruh sekolah dianggap sudah siap melaksanakan K13.

Berdasar informasi yang diperolah MVoice dari Kasi Kurikulum Bidang Dikmen Dindik Kota Malang, Budiono, sistem penilaian dalam Kurikulum 2013 akan mengalami perubahan kembali, dari sistem satuan (1-4) dikembalikan menjadi puluhan (0-100) seperti pada sistem sebelumnya.

Hal itu disebabkan banyaknya pengaduan dari wali murid yang sulit mengerti dengan sistem penilaian yang dilakukan seperti di Perguruan Tinggi.

Beberapa perubahan penilaian dalam K13 yang juga akan diterapkan dalam tahun ini antara lain Penilaian Sikap, Ketuntasan Belajar, Mekanisme dan Prosedur, Pengolahan, dan Laporan Hasil Belajar.

Proses penilaian juga dibuat lebih sederhana, terjangkau untuk dilakukan, tidak menjadi beban bagi guru/siswa, tetapi tetap mengutamakan prinsip dan kaidah penilaian.

Penilaian yang dilakukan tidak hanya penilaian atas pembelajaran (assessment of learning), melainkan juga penilaian untuk pembelajaran (assessmet for learning) dan penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning).