Ekspedisi Indonesia Raya (20): Warga Argentina Kagumi Sabar Gorky

0
122

MALANGVOICE – Kekaguman tak hanya datang dari warga Tanah Air. Kehadiran pendaki satu kaki asal Kota Solo, Sabar Gorky juga mendapat apresiasi dari penduduk Argentina di setiap tempat yang dikunjungi.

Mereka kagum dengan semangat pantang menyerah Sabar Gorky yang disertai 5 anggota Marinir dan 3 pendaki sipil, termasuk 1 jurnalis perempuan dari RMOL yang telah mendaki puncak Gunung Aconcagua.

“Terima kasih kepada Bapak Tomy Winata dari Artha Graha Peduli dan juga kepada seluruh rakyat Indonesia, atas dukungan serta doa restu kepada Tim Ekspedisi Indonesia Raya,” ungkap Manajer Pendakian, Dar Edi Yoga, melalui pesan singkatnya dari Argentina, seperti dikutip dari RMOL..

Dar Edi Yoga juga mengucapkan terima kasih atas perhatian yang luar biasa dari Atase Pertahanan (Athan) RI untuk negara-negara di Amerika Latin, Kolonel Penerbang Budhi Achmadi, yang telah menjemput tim, begitu turun dari puncak Aconcagua, dengan terbang langsung dari Brasil.

7ec9f7a7-fcba-45e5-adda-35dc31517ac1“Pendakian Sabar Gorky dan TNI yang diwakili Korps Marinir dengan Komandan Satgas Letkol Marinir Rivelson Saragih ini telah menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia internasional,” ungkap Yoga.

Keberhasilan para pendaki yang tiba dengan selamat di Aconcagua Park juga mendapat apresiasi daru Kolonel Penerbang Budhi Achmadi yang secara khusus menjamu para pendaki di Cafe Parrilada El Rancho.

Di restoran yang selalu ramai dikunjungi wisatawan manca negara itu, tim pendaki juga mendapat perhatian khusus dari pemilik cafe Parrilada El Rancho, Hugo Viktor, yang melayani langsung, karena kagum atas perjuangan Sabar Gorky yang mendaki Aconcagua. Bahkan Hugo menyerahkan sebuah pisau koleksi pribadinya kepada Sabar sebagai kenang-kenangan.

Hugo Victor juga mempersilahkan Athan Kolonel Budhi untuk memasang bendera Merah Putih berdampingan dengan bendera negara-negara lain dengan memberikan tempat khusus di tengah-tengah bagian atas pintu masuk Cafe Parrilada.

Tim Ekspedisi Indonesia Raya sudah mengawali pendakian sejak 22 Februari lalu. Sebelumnya Sabar Gorky telah menyelesaikan tiga pendakian gunung tertinggi dunia, Gunung Elbrus di Rusia, Gunung Kilimanjaro di Tanzania, dan Carstensz Pyramid di Papua.

Tiga gunung yang segera dipanjat adalah Gunung Vinson Massif (tertinggi di Antartika), Gunung Denali di Amerika Serikat, dan terakhir Gunung Everest, tertinggi di dunia (di Himalaya). Pendakian tujuh gunung ini ditargekan selesai pada 2017.

“Kami berharap banyak pihak mau membantu upaya menjadikan Sabar Gorky sebagai Seven Summiters pertama dunia untuk kategori tunadaksa. Dan tentu ini akan menginspirasi banyak orang di berbagai belahan dunia,” pungkas Dar Edi Yoga.