E-Claim BPJS Ketenagakerjaan Masih Kecil

0
138
Suasana pelayanan di BPJS Ketenagakerjaan (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – Banyak jalur bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mencairkan klaim. Selain datang ke kantor layanan, klaim juga bisa dilakukan melalui e-claim dengan mengakses situs Resmi BPJS. Sayangnya, peserta yang memanfaatkan e-claim masih sangat kecil.

“Setiap hari paling hanya sekitar 10 sampai 15 orang saja. Padahal, total klaim yang masuk mencapai ratusan,” ungkap Kepala BPJS Ketenagakerjaan Malang, Sri Subekti.

Minimnya penggunaan e-claim menurut Beti dikarenakan ketidaktahuan dan tingkat pendidikan sebagian besar peserta yang masih rendah. Sehingga e-claim dianggap terlalu ribet ketimbang datang langsung ke kantor pelayanan.

“Padahal kita sudah sosialisasikan setiap hari bahwa klaim bisa dilakukan di internet. Mungkin karena harus scan berkas-berkas, jadi peserta yang rata-rata akses internet ya kurang memilih untuk melakukan klaim secara konvesional,” kata dia.

E-claim bisa dilakukan dengan membuka situs www.bpjs-ketenagakerjaan.co.id. Peserta nantinya akan diminta mendaftar dengan memasukkan nomor kepesertaan. Setelah login, peserta bisa melakukan berbagai aktifitas, salah satunya mengecek saldo akhir JHT.

Jika ingin melakukan klaim, peserta akan diminta mengisi formulir pengajuan klaim yang berisi permintaan informasi tenaga kerja.

Setelah informasi lengkap, peserta akan diminta memasukkan berkas seperti soft copy tanda pengenal, surat keterangan berhenti dari perusahaan, hingga scan kartu kepesertaan.

“Setelah terkirim, peserta akan medapatkan email notifikasi bahwa file telah masuk ke perusahaan. Selanjutnya, jika berkas sudah diverifikasi, maka peserta akan mendapatkan email kembali berisi pemberitahuan untuk melakukan veirifikasi ulang ke kantor layanan sebelum dana dicairkan.

“Untuk e-claim, masuk antrian tersendiri. Biasanya antrian tidak panjang karena khusus. Peserta akan diminta membawa berkas asli untuk verifikasi akhir.

Selanjutnya, jika berkas beres, klaim JHT akan cair paling cepat sekitar tiga hari setelah proses verifikasi,” urai dia panjang Lebar.