Cipto Dimutasi, Tiga Tahun Tiga Sekda!

0
219
Mantan Sekda Kota Malang, Cipto Wiyono
Mantan Sekda Kota Malang, Cipto Wiyono

MALANGVOICE – Kabar mengejutkan datang dari Pemerintah Kota Malang. Sekertaris Daerah (Sekda) Cipto Wiyono, hari ini digantikan Kepala Bakorwil Idrus Achmad. Prosesi pelantikan dilakukan di Surabaya.

Berdasar catatan MVoice, sejak Wali Kota Malang, HM Anton, menjabat selama hampir tiga tahun ini, setidaknya sudah dilakukan pergantian Sekda sebanyak tiga kali.

Di tahun pertama Anton menjabat wali kota, Sekda dijabat M Shofwan, dan pada tahun kedua digantikan Cipto Wiyono. Kini, memasuki tahun ketiga Anton menjabat wali kota, Sekda kembali diganti, kali ini diisi Idrus Achmad.

Menanggapi itu, Ketua DPRD Kota Malang, Arif Wicaksono, berharap tidak ada lagi pergantian Sekda, agar kinerja SKPD bisa berjalan maksimal.

“Sekda ini koordinator SKPD, jadi jangan gonta-ganti lagi,” kata Arif kepada MVoice.

Ia juga berharap Sekda pengganti Cipto Wiyono bisa dengan cepat menjadi mediator dalam menjembatani segala hal yang berkaitan dengan pemerintahan, baik di eksekutif maupun legislatif.

“Dewan sangat berharap agar eksekutif bisa menjalankan tugasnya secara maksimal dengan pergantian Sekda ini,” kata Arif Wicaksono

Sementara Ketua Fraksi Hanura – PKS DPRD Kota Malang, Ya’qud Ananda Gudban, mengatakan, Wali Kota, HM Anton, sudah memiliki pertimbangan tersendiri dengan adanya pergantian Sekda ini.

“Saya yakin wali kota punya pertimbangan yang matang, dan bagi mantan Sekda sendiri (Cipto Wiyono), karena beliau PNS, tentu mutasi adalah hal biasa,” kata Nanda.

Ia berharap Sekda saat ini bisa memahami wali kota, sehingga bisa bekerjasama, baik dengan jajaran eksekutif maupun legislatif, serta menciptakan iklim pemerintahan yang kondusif.

“Sekda harus tegas. Kepada Pak Cipto, kami ucapkan terima kasih, selama ini jasa beliau untuk Kota Malang sudah baik,” tukasnya.