BPBD Kab Malang Terbaik Kedua Nasional untuk Penanganan Bencana

0
69
Hafi Lutfi menunjukkan sertifikat penghargaan yang diterimanya (istimewa)

MALANGVOICE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang meraih penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Selain BPBD Kab Malang, dua daerah yang mendapat penghargaan serupa adalah Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bandung.

Kepala BPBD, Hafi Lutfi, mengatakan, penghargaan itu dinilai dari kinerja dalam penanganan bencana alam. “Ini penghargaan di wilayah III, yakni Jawa Bali. Kami mendapat posisi di nomor 2 setelah Sleman,” ungkap Lutfi kepada MVoice.

Ia memaparkan, Kabupaten Malang merupakan daerah yang rawan terkena berbagai macam bencana. Karena itu, Lutfi sering menyebut wilayahnya sebagai laboratorium bencana. Mulai dari banjir, longsor, puting beliung, hingga gunung meletus, bisa terjadi.

“Makanya BPBD juga menjadi perhatian bagaimana kita menangani semua itu. Kemarin penghargaan ini langsung saya di Jakarta dari Kepala BNPB. Jadi artinya memang kinerja kita diperhatikan, nggak boleh main-main,” imbuhnya.

Lutfi berharap penghargaan itu tidak membuatnya berhenti bekerja. Bahkan sebaliknya, apresiasi positif dari pemerintah pusat harus dijadikan lecutan agar lebih bersemangat. “Kalau sarana prasarana kurang, itu juga nggak jadi kendala,” tegasnya.