Botol Pintar Uno, Minum Airnya… Alarm pun Mati

0
239
Botol Pintar Uno, Minum Airnya... Alarm pun Mati
Botol Pintar Uno, Minum Airnya... Alarm pun Mati

MALANGVOICE – Alarm yang digagas siswa SMK Telkom Malang ini cukup unik. Jika selama mematikan alarm harus dengan tombol snooze atau dismiss, ciptaan mereka cukup mewajibkan si pemilik meminum air.

Adalah botol pintar Uno, botol minum cerdas pengingat minum yang digagas Shella Yolanda, Ilma Nur Hidayati, Risfan Dimas. Ide itu berasal dari pengalaman mereka sehari-sehari yang dituntut bangun pagi karena gerbang sekolah harus ditutup pukul 06.15 WIB.

“Selama ini orang-orang suka mematikan alarm, tapi malah tidur lagi. Nah kalau dengan botol Uno, mereka harus meminum airnya sampai habis, barulah alarmnya bisa mati. Selain itu, minum air saat bangun tidur kan lebih sehat,” kata Shella kepada MVoice.

Di dalam botol Uno terdapat micro-controller, buzzer alarm dan sensor pendeteksi tekanan. Sensor itu akan mendeteksi kosong atau tidaknya botol. Jika switch masih mendeteksi ada air dalam botol, maka buzzer akan tetap menyala. Volume alarm botol Uno sebanyak 250 ml atau setara segelas air.

Sementara Risfan menambahkan, botol Uno masih merupakan gagasan. Mereka belum memiliki dana untuk merealisasikannya. Namun, saking originalnya gagasan ini, akhirnya menjuarai Ma Chung Innovation Contest 2016.

“Kalau prototype sudah terealisasi, kami ingin mengambangkan botol ini supaya memiliki fitur pembaca kandungan air. Jadi misalnya botol diisi jus jeruk, nanti jumlah vitamin C nya bisa terbaca,” kata Risfan optimis.