Astrofotografi UB Rangkul Peminat Astronomi di Kota Malang

0
96
Saat mengamati gerhana (anja)

MALANGVOICE – Astrofotografi UB menjadi wadah bagi peminat astronomi di Kota Malang. Komunitas yang diinisiasi Agus Mustofa pada 2013 itu.

Ketua Astrofotografi UB, Rudy Yuwono ST MSc, ditemui di Gedung Teknik Elektro UB, beberapa waktu lalu, mengatakan,tugas komunitasnya saat ini memvisualisasikan hisab dan mendokumentasikan rukiyat.

Hasil Pengamatan Astrofotografi UB (istimewa)
Hasil Pengamatan Astrofotografi UB (istimewa)
Saat ini Astrofotografi UB menggandeng komunitas astronomi lain ketika melakukan pengamatan.

“Astrofotografi itu selalu melibatkan masyarakat yang penasaran ingin melihat benda-benda langit. Yang tergabung biasanya mahasiswa dan laboran (teknisi),” katanya.

Saat pengamatan, Astrofotografi UB menggunakan teleskop Losmandy, Celestron 5 se, dan aplikasi khusus astronomi seperti Stelarium, Iris, ICap.

“Stelarium itu aplikasi simulasi gerhana dan prediksi jam kejadiannya. Iris dan Icap untuk image processing dan penangkap gambar oleh teleskop. Aplikasi itu kita pakai saat mengamati gerhana matahari beberpa waktu lalu,” kata Rudy.

Teleskop (istimewa)
Teleskop (istimewa)
Kedepannya, Astrofotografi UB menggandeng sekolah-sekolah di Malang untuk memperkenalkan astronomi.

“Kita ingin kenalkan teleskop dan astronomi di Malang. Coba kita meneropong planet-planet yang sudah ditemukan. Apalagi kalau lihat Saturnus, pasti kelihatan cincinnya itu bagus sekali,” imbuh Rudy.