Arkananta, Siswa MTsN 1 Wakili Kota Malang di Olimpiade Sains Nasional

0
332
Arka (tengah) dan Guru MTsN 1 (anja)
Arka (tengah) dan Guru MTsN 1 (anja)

MALANGVOICE – Siswa MTsN 1 Malang menjadi satu-satunya siswa di Kota Malang yang lolos seleksi OSN (Olimpiade Sains Nasional) di Palembang pada 15 Mei mendatang.

Dialah Arkananta Rasendriya, siswa kelas 8 MTsN 1 Malang, yang akan mengharumkan Kota Malang pada lomba bergengsi yang mempunyai kompetensi dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

“Persiapannya sudah intensif. Pertama tes IPA dulu, baru tes secara keseluruhan, yakni Fisika dan Biologi,” terang Arka kepada MVoice.

Luluk Hariroh, pembina Sains MTsN 1, menambahkan, sebelum mengikuti OSN, siswa akan dikarantina terlebih dulu di Sidoarjo, pada 12 Mei – 15 Mei. Disana, siswa akan belajar lebih insentif di bawah bimbingan provinsi.

“Hari ini pemberangkatan untuk mengikuti karantina di Sidoarjo selama 4 hari ke depan,” jelasnya.

Luluk mengatakan, tahun ini merupakan tahun pertama MTsN 1 mengikuti kompetisi OSN, sebelumnya hanya SMP saja yang mengikuti.

“Dan di Kota Malang satu-satunya MTs mewakili bidang IPA. Bahkan SMP juga belum ada yang mengikuti. Untuk tingkat Jatim hanya ada 2 MTs yang lolos, yaitu MTsN 1 Malang juga satu MTs di Surabaya,” paparnya.

Lebih lanjut, siswa yang mengikuti OSN adalah siswa yang lolos seleksi tingkat kota/kabupaten dan provinsi, dan masuk dalam seleksi siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

OSN dilaksanakan dengan peserta menurut passing grade yang telah ditentukan oleh Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). Di tingkat nasional akan diperebutkan 30 medali; 5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu.