Apa Yang Terjadi Ketika Mengunyah Permen Karet?

0
7
Mengunyah permen karet.(nocamels.com)

MALANGVOICE – Masih takut mengunyah permen karet lalu tak sengaja menelannya? Tidak perlu gelisah. Tak perlu takut dengan pendapat permen karet tidak bisa dicerna hingga 7 tahun.

Sebenarnya, tubuh bisa mencerna dan memecah zat-zat yang terkandung dalam permen karet. Tapi, yang tidak bisa dicerna adalah kandungan karetnya.

Tapi, tidak seperti yang kita bayangkan. Permet karet tidak akan menempel pada dinding lambung ataupun usus. Meskipun butuh waktu lama, permen karet akhirnya bisa keluar dari tubuh dengan menempel pada sisa-sisa makanan yang juga akan dieksresikan.

Menelan permen karet jadi masalah besar jika kita punya kondisi kesehatan yang disebut dengan penyakit crohn. Kasusnya memang langka, tapi ada kemungkinan permen karet bisa menyumbat saluran pada usus karena penyakit ini memang membuat saluran usus menyempit.

Meskipun demikian, mengunyah permen karet dapat merangsang pembentukan air liur untuk menetralkan asam pada mulut dan pencernaan.

Penelitian juga membuktikan, ternyata mengunyah permen karet bisa meningkatkan konsentrasi. Bahkan, 10 menit mengunyah bisa menghilangkan 100 juta bakteri dalam mulut. Yang jelas, pastikan permen karetnya bebas gula.

sumber: womenshealth.com