Anak-Anak Desa Giripurno Kota Batu Antusias Belajar Bersama KKN 124 UMM

0
87

MALANGVOICE – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 124 mengadakan program belajar mengajar kepada anak-anak di Desa Giripurno, Kota Batu.

Antusias dan keceriaan tampak saat proses belajar dan mengajar berlangsung di salah satu Posko KKN 124, Jalan Flamboyan RT 33 RW 06, Dusun Kerajan, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan serta membantu anak-anak belajar, juga membantu orang tua yang kadang memiliki waktu terbatas karena aktifitas di kebun atau bertani,” tutur Ika Mardhiana, salah satu anggota Bidang Pendidikan KKN 124 UMM.

KKN-2

Program yang akan berlangsung selama 1 bulan itu diikuti mulai anak-anak yang duduk di bangku TK, SD, hingga siswa kelas 1 SMP, dengan materi mulai pelajaran berhitung, membaca, hingga menulis.

Proses belajar mengajar menjadi menarik, karena dipadukan dengan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan kreatifitas seni anak-anak, tampak saat berlangunsg pelajaran seni, seperti mewarnai.

Program ini diharapkan dapat meringankan anak-anak dalam mehami pelajaran yang telah diajarkan di sekolah.

“Kami review apa yang telah diajarkan di sekolah, dengan begitu pemahamannya lebih mantap,” tutur Azis Tanama, Ketua Divisi Pendidikan KKN 124 UMM.

Mengatasi karakter anak yang bermacam-macam dengan tingkat kelas dan jenjang pendidikan yang berbeda, diadakan pembagian kelompok sesuai kelas dan tingkatan tiap anak.

Metode belajar yang diutamakan dalam kegiatan ini adalah melihat. Dan agar tidak merasa tertekan, semua kegiatan mengikuti karakter masing-masing siswa.

Meski terkendala ruangan Posko KKN yang sempit, namun anak-anak tetap antusias dan ceria menerima materi yang diberikan para mahasiswa KKN 124 UMM.