3 Pilar Utama Menuju Sumber Daya Manusia Berkualitas

0
43
Sumarna F Abdurahman
Sumarna F Abdurahman (istimewa)

MALANGVOICE – Menurut Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Sumarna F Abdurahman, ada 3 pilar penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia demi mendongkrak daya saing Indonesia pada era global saat ini.

Pertama, SDM dan tenaga berkualitas dapat diraih apabila lembaga pendidikan menerapkan program pendidikan berbasis kompetensi.

“Artinya, semua kurikulum harus mengacu pada kompetensi yang sudah dibuat industri yang mengacu pada apa yang dibutuhkan masyarakat dalam skala regional maupun global, ” katanya.

Kedua, untuk memastikan output SDM memiliki kompetensi atau tidak, maka perlu dilaksanakan uji kompetensi atau sertifikasi kompetensi.

“Tujuan BNSP adalah memastikan hal tersebut bisa tercapai. Jadi akan dilakukan pendekatan kompetensi bagi mereka yang belum kompeten,” tambahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sudah waktunya sertifikat kompetensi digunakan sebagai syarat rekrutmen atau pengembangan jenjang karir untuk memastikan bahwa tenaga kerja yang direkrut benar-benar kompeten.

“Jadi jangan seperti beli kucing dalam karung, ” tutupnya.