3 Negara dan 10 Provinsi Pamer Seni Tradisi di Batu

0
23
Salah satu seni ritual yang dipentaskan usai penampilan Tari Srimpi (fathul)

MALANGVOICE – Svaraseni Nusantara menggelar Nuswantara Artnival di Lapangan Kusuma Agro, Kota Batu. Festival bertema Suara Nusantara ini memamerkan dan mementaskan seni ritual nusantara yang ada di 10 provinsi se Indonesia.

Bahkan peminatnya bukan hanya dari Indonesia, 3 negara lainnya juga turut berkontribusi memamerkan kesenian ritualnya di Batu. Yakni Malaysia, Taiwan, dan Jepang. Mereka punya kesenian menarik sehingga dilibatkan.

Show Director, Punta Dewa, mengatakan, masing-masing provinsi di Indonesia punya seni tradisi yang bisa dikatakan hampir punah. Karena itu, pihaknya ingin mengangkat kembali kesenian itu.

“Ada berbagai macam kesenian yang ditampilkan di sini, seperti jaranan, tari-tarian, bantengan, upacara ruwatan, dan lain sebagainya. Ada banyak seni tradisi yang tampil, seperti NTT yang kami tidak ada seni tradisi, ternyata kaya juga,” papar Punta kepada MVoice.

Bahkan dari Malaysia, sepupu Sultan Kelantan sendiri yang bakal membawakan seni tradisinya. Sedang seni tradisi yang dipentaskan, ada berbagai macam jenisnya. Baik seni gerak seperti tari-tarian, seni suara seperti menembangkan kidung atau macapat, dan ada juga yang memainkan alat musik.

“Sayangnya di pementasan ini tidak ada dari Negara Eropa. Kalau di Indonesia kan memang, kita boleh dibilang sumbernya seni ritual. Bahkan 1 provinsi bisa punya belasan seni, itu kekayaan dan kearifan yang harus dijaga,” tegasnya.