2016, UB Buka 3 Prodi Baru

0
100

MALANGVOICE – Tahun ini Universitas Brawijaya membuka tiga program studi (prodi) baru dalam seleksi mahasiswa baru jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SPMK.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr Ir Kusmartono, mengatakan, tiga prodi baru itu adalah kewirausahaan (FIA), instrumentasi (FMIPA), dan teknologi informasi (Filkom).

“Untuk angkatan pertama dalam penerimaan mahasiswa baru, kuota mahasiswa pada prodi kewirausahaan sebanyak 60, instrumentasi sebanyak 50 mahasiswa, dan teknologi informasi sebanyak 80 mahasiswa,” kata dia.

Dia menambahkan, izin tiga prodi baru itu sudah dikeluarkan. Dengan turunnya ijin tiga prodi baru tersebut, maka saat ini jumlah prodi yang dimiliki UB sebanyak 67.

Untuk menjaga rasio dosen dan mahasiswa proporsional,maka penerimaan mahasiswa baru pada program agrokompleks, seperti Fakultas Peternakan (Fapet), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), dan Fakultas Pertanian (FP) akan dikurangi 40 hingga 50 mahasiswa setiap fakultas.

“Hal ini disebabkan karena di setiap fakultas jumlah dosen dan mahasiswa masih dinggap belum proporsional,” tambahnya.

Jika perguruan tinggi lain seperti UIN dan UM mempunyai program menyosialisasikan kampus untuk merekrut mahasiswa baru, maka UB tidak melakukan sosialisasi. Namun, jika ada undangan, pihak kampus akan tetap melayani.