Wadahi Kreativitas Siswa, SMAN 9 Malang Gelar Art Exhibition

Beberapa lukisan karya siswa SMAN 9 Malang. (Anja a)
Beberapa lukisan karya siswa SMAN 9 Malang. (Anja a)

MALANGVOICE – SMAN 9 Malang memberi kesempatan siswa-siswinya untuk memamerkan hasil karya dan kerajinan dalam sebuah pameran seni, Jumat (11/5).

Aneka karya kesenian ini dipajang dalam ‘Art Ekhibition Smanawa’. Berbagai macam karya lukisan ditata membentuk zig-zag menyambut pengunjung pameran. Pengunjung tampak antusias. Acara dibuka untuk umum, mulai dari siswa SMP, SMA dan masyarakat sekitar mengunjungi pameran.

“Ada total 1600-an karya dari siswa kelas X dan IX dipamerkan hari ini. Pameran ini digelar tiap tahun, dan selalu jadi kegiatan yang ditunggu-tunggu siswa dan juga guru,” kata guru Seni Budaya SMAN 9 Malang, Heru Sutrisno, Jumat (11/5).

Dia menambahkan, karya-karya tersebut dibuat selama proses pembelajaran di di SMAN 9 Malang. Karya yang dipamerkan pun boleh dibeli pengunjung.

“Jika pengunjung berminat, sangat dibolehkan membeli,” tukas dia.

Kegiatan pameran, lanjut dia, bukan hanya menjadi ajang menunjukkan kreativitas namun sebagai pembelajaran organisatif, melatif rasa percaya diri dan juga manajemen pemasaran.

“Karena bagaimana cara menjual karya sendiri perlu diajarkan sedari dini,” tukasnya.

Heru berharap, pameran ini semakin memotivasi siswa untuk berkarya dan terpacu untuk membuat karya-karya menarik lainnya.

Salah seorang pengunjung, Ahmad Ashari, mengatakan, karya-karya siswa ini sangat menarik. Dirinya saja belum tentu bisa membuat lukisan seperti dalam pameran.

“Saya lihat lukisannya bagus-bagus loh. Saya belum tentu bisa buat lukisan begitu lha wong saya tidak bisa gambar,” kata Ahmad.(Der/Aka)