Viral Mahasiswa Terancam DO di UMM, Pihak Kampus Angkat Bicara

ilustrasi. (Istimewa)

MALANGVOICE – Baru-baru ini muncul cuitan di media sosial Twitter terkait curhatan kakak akibat terancamnya Drop Out (DO) oleh pihak Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Berikut curhatan yang ditulis akun Rea Handayani@malarea

Twitter, please do your magic.

BNN Kota Malang

Teman2, kalau boleh minta retweetnya, tolong bantu aku meminta kebaikan hati rektor @UMMcampus

Adikku baru saja sidang skripsi di semester 14 dengan IPK terakhir 3,32; sekarang malah terancam DROP OUT karena masalah administrasi.

“Kenapa semua pihak (adikku, dosen wali, dosen pembimbing, pihak kampus lainnya) baru ngeh sekarang? Karena dari awal semester 14 kemaren, adikku bisa menjalani proses pengerjaan skripsi tanpa hambatan dari pihak kampus,” tulisnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Humas UMM, Joko Susilo menyampaikan, jika pihaknya belum dapat memastikan apakah Rahil Hamdi, mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2012 bisa lulus.

“Sejauh ini kami masih berusaha, tetapi kami juga nggak bisa memastikan langsung. Masalahnya ini kan juga berkaitan dengan Kemenristek Dikti dan sebagainya,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Joko, pihaknya tengah berdiskusi dengan berbagai pihak terkait persoalan ini. Sebab, tenggat waktu untuk semester genap (dalam hal ini semester 14 bagi mahasiswa tersebut) akan usai.

“Kami terus berupaya dengan berbagai pihak, karena ini kan berkaitan dengan sistem sebetulnya. Sistem yang ada di UMM kalau sudah terkait dengan status kemahasiswaan itu kan terintegrasi dengan sistem Dikti,” tandasnya.

Perlu diketahui, persoalan ini terjadi lantaran Rahil berstatus non aktif dikarenakan lupa menginput “Skripsi” ke dalam KRS semester 14. Sementara saat itu, Rahil sudah menjalankan sidang skripsi.

Bahkan, Rahil pun sudah membayar uang semester, uang skripsi, mendapat SK pembimbing, hingga memiliki berita acara bahwa sudah ikut sidang skripsi.

Hingga akhirnya ancaman DO terjadi ketika administrasi baru diketahui setelah Rahil melaksanakan sidang skripsi. (Der/Ulm)