VIDEO: Serunya Edukasi Lingkungan Ala MI Darul Ulum Kota Batu

Ratusan pelajar dari MI Darul Ulum melepas benih ikan wader di Blumbang Macari, Dukuh Macari Desa Pesanggrahan Kota Batu, Rabu (20/9). (Aziz Ramadani)
Article top ad

MALANGVOICE – Aksi melepas ribuan benih ikan wader di Blumbang Macari, Rabu (20/9) bukan sekadar seremonial belaka. Kegiatan yang digagas Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum ini juga memiliki tukuan edukatif. Khususnya untuk para pelajar di usia anak-anak.

Kepala Sekolah MI Darul Ulum, Ulul Azmi mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan. Khususnya tentang lingkungan hidup. Apalagi, lokasi Blumbang Macari hanya terpaut beberapa ratus meter dari sekolah.

“Penyelenggaraannya tentu bersifat outdoor education. Mengajak siswa menyatu dengan alam dan beberapa aktivitas yang mengarah terwujudnya perilaku terhadap lingkungan,” kata Azmi.

Bentuk materi, lanjut dia, dapat dikemas integratif di dalam mata pelajaran sekolah atau dikembangan sebagai materi yang berdiri sendiri sebagai mata pelajaran muatan lokal.
Maka jaminan kesinambungan program pendidikan lingkungan kepada siswa lebih terjaga karena ada legalitas formal.

“Outdoor juga tidak sekadar memindahkan pelajaran ke luar kelas, melainkan lebih pada pemanfaatan potensi lingkungan yang ada,” sambung Azmi.

Azmi menambahkan, dengan hadirnya muatan lokal pelajaran lingkungan hidup ini dapat mengenali, memahami, mengembangkan, memanfaatkan, dan melestarikan lingkungan di sekitarnya.

“Terlebih topografi Kota Batu terdiri dari pegunungan, bukit, ladang, persawahan, sungai dan blumbang,” pungkasnya.(Der/Yei)

Berikut Videonya.